Pertagas Dukung Prabumulih Menjadi Kota Pertama yang 100% Menggunakan Jargas

Translations:

News Summary: Komitmen kuat diberikan PT Pertamina Gas (Pertagas) kepada Kota Prabumulih guna menjadikan kota tersebut sebagai Kota Pertama di Indonesia

Prabumulih (21/8). Komitmen kuat diberikan PT Pertamina Gas (Pertagas) kepada Kota Prabumulih guna menjadikan kota tersebut sebagai Kota Pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya tersambung jaringan gas (jargas). Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT Hendra Jaya di sela-sela lomba masak menggunakan jargas di Taman Wonosari, Prabumulih, Sumatera Selata, Jumat (20/8).
 
Sebagai perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh BUMN 100% milik negara yakni PT Pertamina (Persero), menurut Hendra, Pertagas merasa komitmen itu sangat penting guna mendukung program pemerintah yang telah menunjuk Kota Prabumulih sebagai salah satu kota yang memanfaatkan jargas. "Kami akan dukung sepenuhnya," tegas Hendra di depan ratusan warga Kota Prabumulih, termasuk Walikota Ridho Yahya.
 
Sejak 2013, warga Kota Prabumulih telah menikmati gas alam untuk kebutuhan rumah tangga. Sumber gas kota ini diperoleh dari sumur Pertamina EP Asset-II dengan alokasi gas 0,5 MMSCFD, dan pendistribusiannya melalui pipa milik PT Pertagas. Adapun perusahaan pengelola jargas yang saat ini mencapai 4.650 sambungan tersebut dilaksanakan oleh anak perusahaan Pertagas yakni, PT Pertagas Niaga dengan menggandeng BUMD Prabumulih, PT Petro Prabu.
 
Dukungan nyata Pertagas terhadap jargas ini terlihat dengan penambahan sambungan yang tengah dibangun saat ini. "InsyaAllah dengan dukungan seluruh masyarakat dan Walikota, akhir tahun ini gasnya akan segera mengalir ke 2.626 rumah penduduk Kota Prabumulih," jelas Hendra.
 
Walikota Prabumulih, Ridho Yahya, berjanji akan mempermudah seluruh ijin dan proses pengembangan jargas di daerahnya. "Karena jaringan gas kota ini diminta oleh seluruh warga Kota Prabumulih," ujarnya. Bahkan, ia berharap seluruh warganya bisa segera menikmati jargas di rumahnya mading-masing.
 
Menurutnya, setidaknya terdapat empat alasan utama kenapa seluruh rumah penduduk di Kota Prabumulih memungkinkan untuk dialiri jargas. Selain memiliki sumber gas alam yang berlimpah, jumlah penduduknya tidak banyak, serta ditunjang oleh kondisi pemukimannya yang sudah mengelompok. "Dan yang tidak kalah pentingnya, masyarakatnya mendukung penuh," ujarnya.
 
Masih menurut Ridho, hanya dengan tambahan sekitar 32 ribu sambungan, maka Kota Prabumulih akan langsung menjadi kota pertama di Indonesia yang seluruh rumah penduduknya menggunakan jarigan gas rumah kota. "Tentu ini bisa menjadi contoh untuk kota-kota lain sekaligus menjadi kebanggaan Pemerintah," tegasnya.
 
Saat ini, Pertamina juga telah ditugasi untuk membangun dan mengelola jaringan gas kota melalui APBN Tahun Anggaran 2015 di Lhoksukon dan Pekanbaru serta mengelola jargas Lhokseumawe. Target tahun ini Pertamina juga bisa segera mengelola jargas di Sidoarjo, Kab. Bekasi, Ogan Ilir, Bontang, Subang dan Bulungan. Targetnya tiga kota gas akan mengalir pada kuarter IV tahun ini.

isexternal: No

Snapshot

News

17
May

Laba Bersih Pertagas Naik Jadi 146 Juta US Dollar

Kinerja positif kembali dicatatkan oleh PT Pertamina Gas (Pertagas). Pertagas berhasil meningkatkan kinerjanya selama tahun 2018 serta mampu mencetak laba bersih perusahaan sebesar 146 juta USD yang melampaui perolehan laba bersih tahun sebelumnya. “Tahun 2018, kami berhasil meningkatkan laba dari 141 juta US Dollar menjadi 146 juta US Dollar,” ungkap Fitri Erika Corporate Secretary Pertagas seusai pelaksanaan RUPS Tahunan Tahun Buku 2018 di Gedung Oil Center, kantor pusat Pertagas di Jakarta....


more detail
06
May

Pertagas Gaungkan Falsafah Ki Hajar Dewantoro di Ajang ISRS International Conference

Filosofi "Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangu Karso, Tut Wuri Handayani" menjadi sorotan tersendiri di even DNV LV ISRS International Coference (Jumat, 12/4). Direktur Operasi PT Pertamina Gas Achmad Herry menyoroti pentingnya praktek leadership yang dicontohkan tokoh nasional Indonesia itu dalam implementasi Quality, Health, Safety, Environtment (QHSE).....


more detail