Pertagas Menyikapi Positif Rencana Pemerintah Mengembangkan Wilayah Jaringan Distribusi

Translations:

News Summary: Demi meningkatkan pemanfaatan gas bumi dalam negeri, pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jaringan ruas transmisi dan wilayah jaringan distribusi gas bumi. BPH Migas sebagai badan pengatur akan menjadi institusi yang melelang kedua jenis infrastruktur tersebut

SURABAYA – Demi meningkatkan pemanfaatan gas bumi dalam negeri, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jaringan ruas transmisi dan wilayah jaringan distribusi gas bumi. BPH Migas sebagai badan pengatur akan menjadi institusi yang melelang kedua jenis infrastruktur tersebut sesuai peraturan BPH Migas No. 15 Tahun 2016.

Terkait penerapan peraturan tersebut BPH Migas melakukan sosialisasi di Hotel Santika Surabaya (30/07) yang dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus – Kemenko Perekonomian, Kadin ESDM Jatim, Ka. Bapeda Jatim, Kadin Perindustrian & perdagangan Jatim, Kadin Koperasi & UMKM Jatim, Ka. Badan Penanaman Modal & Perizinan Jatim, Ka. BPMP Kab. Gresik serta perwakilan badan usaha yang bergerak dibidang gas bumi yaitu PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. (PGN), PT Pertamina Gas (Pertagas) dan perusahaan lainnya.

Dalam sosialisasi tersebut kemudian dilakukan pemetaan mengenai peran gas bumi dalam ketahanan energi nasional dan kesiapan badan usaha terkait penerapan peraturan lelang ruas transmisi dan wilayah jaringan distribusi.

Pada pertemuan tersebut Pertagas menyatakan kesiapannya dalam memperebutkan hak khusus untuk lelang kedua jenis infrastruktur tersebut. “Saat ini memang main business Pertagas ada di ruas transmisi, namun dalam setengah tahun kedepan kita akan kebut pengembangan jaringan distribusi,” ujar Suko Hartono President Director Pertagas.

Percepatan pengembangan bisnis distribusi akan dilakukan dengan kerjasama pengelolaan dengan Local Distribution Company (LDC) atau pembangunan jaringan pipa distribusi baru. rencana pengembangan jaringan distribusi tersebut di seluruh Indonesia sepanjang 610 KM dengan estimasi nilai investasi sebesar 367 Juta USD.

“Kami optimis bisa menyelesaikan project jaringan distribusi ini, karena Pertagas punya keunggulan dari Pertamina Grup yaitu kepastian alokasi dan pipa gas transmisi eksisting sebagai pondasi utamanya,” lanjut Suko.

Selain untuk mendapatkan hak khusus wilayah jaringan distribusi pengembangan bisnis distribusi ini juga sejalan dengan program transformasi Pertagas yang akan mengejar pendapatan baru dari bisnis distribusi dan niaga gas. 

isexternal: No

Snapshot

News

11
August

Ministry of Energy and Mineral Resources to Support Urban Gas Network in East Java

The Energy and Mineral Resources Minister Ignasius Jonan specially inspected the urban gas network construction in Mojokerto Regency, East Java, on Sunday (11/08). The construction project is carried out by Pertamina. The visit was meant to see firsthand the progress of the project financed with APBN 2017 of Rp 37.8 billion.....


more detail
08
August

Gresik-Semarang Pipeline to Supply Gas from JTB

Pertagas steps up completion of the open access Gresik-Semarang gas pipeline construction project so as to ensure energy supply in the island of Java. The 267 Km-long pipeline with a diameter of 28 inches stretching from Tambak Lorok, Semarang, Central Java, up to Gresik, East Java is expected to be completed in mid-2018.....


more detail