Energi Surya, Sumber Energi Alternatif yang Menjadi Harapan Hingga ke Pelosok Ibu Pertiwi

sysadmin 19 January 2021

Menjadi negara tropis merupakan salah satu anugerah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, hal ini memberikan peluang Indonesia untuk mengembangkan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu energi alternatif terbarukan yang menjanjikan untuk menopang kebutuhan energi masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat desa.

Menurut catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) elektrifikasi di Indonesia masih 55-60%, dan mayoritas wilayah yang belum teraliri listrik adalah wilayah pedesaan. Oleh karena itu, energi surya dapat menjadi salah satu energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di desa. Hal ini memungkinkan karena sifat panel surya yang dapat dibangun dimana saja.

Sampai saat ini, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) mencatat sumber energi listrik dari surya terbesar dihasilkan di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Sebanyak 64.620 ribu panel surya terbentang di atas ladang Desa Wineru yang seluas 29 hektar. Karena banyaknya panel surya yang akan dipasang, proses pembangunan panel surya ini memakan waktu hingga 1,5 tahun. 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Wineru dapat hingga 15.000 rumah tangga. Kabar baiknya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dapat mengurangi efek gas rumah kaca hingga 20,01 kiloton. Melihat kenyataan tersebut, memberikan motivasi yang kuat untuk Kementerian ESDM memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif terbarukan ini.

Kementerian ESDM juga mencatat potensi energi surya di Indonesia sangat besar yakni sekitar 4.8 KWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, namun yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp. Pada dasarnya pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia sudah memiliki basis kebijakan yang kuat. Akan tetapi pemerintah masih harus fokus dalam produksi photovoltaic (PV) yang akan menjadi komponen utama dalam sistem PLTS.

Kesuksesan pemanfaatan energi surya di Desa Wineru menjadi bukti potensi pemanfaatan energi alternatif terbarukan di Indonesia. Meskipun masih banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk merealisasikan proyek ini, harapannya proyek ini akan terwujud sesegera mungkin agar seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang berada di pelosok desa dapat menikmati listrik yang dihasilkan oleh kekayaan bumi pertiwi.

Source:

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/matahari-untuk-plts-di-indonesia

https://ebtke.esdm.go.id/post/2020/03/13/2508/menengok.ladang.panel.surya.terbesar.di.indonesia 


KANTOR PUSAT

Grha Pertamina, Pertamax Tower, Lantai 20-23, Jl. Medan Merdeka Timur No. 11-13, Jakarta Pusat 10110

  • +6221 31906825
  • +6221 31906831